.

Minggu, 02 Januari 2011

Nokia C5-03 Budget Phone Untuk Tahun Baru



    Nokia tawarkan seri smartphone anyar di  tahun baru ini. Seri baru ini, Nokia C5-03, tampil mengesankan dan bernuansa inovatif. Namun dengan indikasi bahwa Nokia mengetengahkan C5-03 sebagai budget phone, apa yang dapat diandalkan dari ponsel ini?

Multimedia
C5-03 dipersenjatai kamera 5 megapiksel. Walhasil, ponsel ini bisa berdiri sejajar dengan banyak model ponsel kelas menengah lainnya. Bahkan sejajar dengan beberapa ponsel pintar high-end yang umumnya dibekali kamera beresolusi sekitar 5 megapiksel pula— kecuali beberapa model yang sudah disandangi kamera 8 megapiksel atau lebih. Sayangnya, kamera di C5-03 tak didukung ketersediaan lampu kilat LED.
Kamera ini dapat difungsikan sebagai camcorder, dengan kemampuan menghasilkan rekaman video berkualitas VGA pada kecepatan 15 frame per detik.
Masih di lini hiburan multimedia, ponsel ini menghadirkan pemutar MP3 dan FM radio. Penggunanya juga bisa mengunduh musik/lagu dari portal Ovi Music, maupun berbagai aplikasi dari Ovi Store.

Desain & Layar
Ponsel berukuran 105,8 x 51 x 13,8 milimeter dan berat 93 gram ini menawarkan pilihan warna cover graphite black, lime green, petrol blue, dan aluminum grey. Dengan layar sentuh resistif 3,2 inci beresolusi nHD (360x640 piksel). Dilengkapi proximity sensor untuk auto turn-off dan accelerometer sensor untuk rotasi antarmuka secara otomatis.

Telefon & Messaging
Untuk aktivitas bertelepon dan messaging, C5-03 menyediakan akses cepat ke kontak dan email. Seperti ponsel Nokia generasi terkini lainnya, pintasan ke kontak favorit bisa dijumpai di layar utama. Sementara itu, C5-03 juga menyediakan fasilitas untuk mengelola akun pengguna di Ovi mail dan email lainnya, serta Mail for Exchange buat mengakses email kantoran.

Konektivitas
Di sektor akses jaringan, C5-03 menawarkan kemampuan cukup “wah” untuk ponsel di kelasnya. Ponsel ini bekerja di jalur HSDPA dengan kecepatan 10.2 Mbps, HSUPA (2 Mbps), dan Wi-Fi 802.11 b/g, di samping GPRS dan EDGE kelas 32. Sedangkan untuk koneksi data lokal, tersedia fitur Bluetooth v2.0 dan kabel data.

Aplikasi

C5-03 juga menawarkan aplikasi pelacak lokasi alias GPS dengan A-GPS. Sebagaimana sejumlah model ponsel Nokia lainnya, ponsel ini juga dibekali aplikasi bawaan Ovi Maps, yang memungkinkan pengguna menikmati layanan pelacak lokasi melalui navigasi suara.
Sedangkan untuk urusan chatting maupun gaul via layanan jejaring sosial, C5-03 menyediakan aplikasi Facebook, Hi5, Twitter, My Space, Orkut, Friendster.
Untuk menampung beragam aplikasi itu, C5-03 menyediakan memori internal berkapasitas 40 MB ROM dan 128 MB RAM, dan dapat diekspan hingga 16GB dengan eksternal kartu microSD.

Baterai
“Nyawa” C5-03 ditopang baterai standar Li-Ion 1000 mAh. Nokia mengklaim tipe baterai tersebut menyediakan dukungan untuk siaga selama maksimum 600 jam, atau untuk bicara selama 11 jam 30 menit non-stop. Anda juga bisa menggunakannya untuk memutar musik dalam tempo 35 jam non-stop.

Nokia sudah mengumumkan bakal meluncurkan C5-03 di Kuartal IV 2010, dengan harga sekitar USD 237 atau kurang-lebih Rp 2,1 juta. Namun belum mengumumkan tanggal peluncurannya. Kemungkinan besar, Nokia memanfaatkan momentum libur tahun baru untuk meluncurkan salah satu seri paling gresnya ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar